Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Sujud Syukur, Rumi, Latin, dan Artinya

Doa Sujud Syukur
Doa Sujud Syukur - Nikmat yang Alloh karuniakan setiap harinya pada diri kita memang tak terhitung jumlahnya, sehingga tentu wajib bagi kita untuk dapat bersyukur dan terus bertakwa pada-Nya. Adapun ketika memperoleh nikmat yang besar berupa sebuah kebahagiaan, kejutan, atau terbebas dari marabahaya atau semisal selepas akad nikah, kita sebagai hamba yang tak berdaya seringkali ingin mengucapkan terimakasih dan memunajatkan rasa syukur dengan cara yang lebih dari biasanya.

Salah satu cara yang dianjurkan oleh Islam dalam hal ini adalah dengan melakukan sujud syukur. Bagi Anda yang masih awam mengenai hal ini, berikut kami telah paparkan tentang cara melakukan sujud syukur, hukum, dan doa sujud syukur seperti yang diajarkan oleh Rosululloh SAW.

Doa Sujud Syukur

Adanya hadist yang menyatakan jika suatu ketika Rosululloh mendapatkan hal atau kejutan yang menggembirakan baginya, beliau kemudian tersungkur untuk sujud syukur tentu lebih dari cukup untuk menyatakan bahwa melakukan sujud sukur sesuai dengan tuntunan Islam. Bukan bid’ah seperti yang dianggap sebagian orang.

Tata Cara Sujud Syukur

Adapun mengenai tata caranya, para ulama sepakat jika melakukan sujud syukur dapat dilakukan dengan cara yang persis sama seperti ketika melakukan sujud tilawah, yaitu:

Pertama kita disunahkan (tapi tidak diwajibkan) untuk bebas dari hadast dan najis, lalu menghadap kiblat, bertakbir, dan langsung bersujud sembari membaca doa sujud syukur. Setelah itu, angkat kepala, kembali bertakbir, dan selesai.  Perlu diingat bahwa dalam sujud syukur Anda tak perlu melakukan salam atau tasyhadu.
Doa Niat Mandi Wajib Lengkap, Bahasa Arab, Latin, dan Artinya
Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin, dan Artinya
Doa Minta Jodoh Menurut Mamah Dedeh
Terkait dengan doa yang dibaca saat sujud syukur, para ulama memiliki pendapat yang berbeda-beda. Ada yang berpendapat bahwa doa sujud syukur bisa disamakan seperti doa ketika sujud dalam sholat, dengan bacaan yang aksara rumi, latin serta artinya sebagai berikut:

Doa Sujud Syukur
Latinnya : “Subbhaana Robbiyal A'laa Wa Bihamdihi.”

Artinya : “Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi dan dengan ini aku memuji-Nya”.

Namun ada pula yang berpendapat bahwa doa sujud syukur yang dibaca seharunya memiliki bacaan sebagai berikut:

Doa Sujud Syukur, Rumi, Latin, dan Artinya
Latinnya : "Subhaanakallaahumma Anta Rabbii haq-qan haqqaa, sajadtu laka yaa Rabbii ta’abbudan wa riqqoo. Allaahumma inna ‘amalii dha’iifun fadha’i lii. Allaahumma qinii ‘adzaabaka yawma tub’atsu ‘ibaaduka wa tub ‘alayya, innaka Antattawwaabur Rohiim."

Artinya: "Maha Suci Engkau, Ya Allah, Kaulah Tuhanku yang sebenarnya. Aku bersujud kepada-Mu sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya Allah, amalku sungguh lemah, maka lipat gandakanlah pahala bagiku. Ya Allah, selamatkan aku dari siksa-Mu, pada hari kebangkitan. Terimalah taubatku. Sesunguhnya Engkau Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang."

Perbedaan pendapat mengenai doa sujud syukur ini tentu seharusnya tidak menjadi soal. Agama itu memudahkan, sehingga pilihan ada di tangan Anda. Terserah Anda inginnya menggunakan doa sujud syukur yang mana. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Sujud Syukur, Rumi, Latin, dan Artinya

0 komentar:

Post a Comment