Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara beserta Adab Berkendara

Entah berapa banyak kasus kecelakaan yang terjadi pada seseorang yang tengah melakukan perjalanan dengan berbagai jenis kendaraan selama ini. Tak terhitung jumlahnya, sehingga patut membuat kita miris dan takut akan takdir Alloh yang akan terjadi pada saat kita bepergian. Oleh karena hal ini, nampaknya penting bagi kita untuk menyerahkan diri, berpasrah pada Alloh perihal segala takdir-Nya dan berdoa untuk keselamatan sebelum kita memutuskan untuk menaiki suatu kendaraan. Berikut ini, kami telah susun beberapa doa naik kendaraan yang dapat dibaca baik saat menaiki kendaraan darat, laut, maupun udara (kapal terbang).


Doa Naik Kendaraan

Doa Naik Kendaraan
Meski doa naik kendaraan dibedakan menjadi 3 macam, disesuaikan dengan jenis kendaraan yang dikendarai, namun pada intinya doa-doa ini memiliki tujuan yang sama, yakni menyerahkan diri dengan sepenuh hati terhadap apa-apa keputusan Alloh serta memohon keselamatan dan kelancaran pada-Nya saat kita berkendara di perjalanan. Anda tak perlu risau dengan bagaimana doa diucapkan. Meski Anda melafalkannya dalam bahasa Indonesia sekalipun, hakikatnya tetap sama, karena Alloh pasti tetap mengetahui apa yang Anda panjatkan.
1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

1. Doa Naik Kendaraan Darat

Sebelum menaiki kendaraan darat, baik itu bis kota, motor, kereta api, hingga becak sekalipun, kita sebaiknya berdoa terlebih dahulu agar diberik keselamatan hingga sampai di tempat tujuan. Adapun lafal doa naik kendaraan darat seperti yang dicontohkan oleh Rosululloh adalah sebagai berikut:

Doa Naik Kendaraan Darat
Latinnya : “Subhaanalladzii Sakhhorolanaa Haadzaa Wa Maa Kunnaa Lahuu Muqriniina Wa Innaa Ilaa Robbinaa Lamungqolibuuna.”
Artinya : Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

2. Doa Naik Kendaraan Laut

Tak berbeda dengan saat naik kendaraan darat, saat hendak berlayar menumpang angkutan penyeberangan kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Doa naik kendaraan laut yang dapat Anda lafalkan sesuai dengan teladan Rosululloh adalah sebagai berikut:

Doa Naik Kendaraan Laut
Latinnya : “Bismillaahi Majrahaa Wa Mursaahaa Inna Robbii Laghofuurur Rohiim”
Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.”

3. Doa Naik Kendaraan Udara (Kapal Terbang)

Untuk doa naik kendaraan udara (kapal terbang), hingga kini kami belum menemukan lafal yang sesuai dengan contoh dari Rosullulloh. Hal ini mungkin wajar karena zaman dahulu tentu belum ditemukan kendaraan-kendaraan yang bisa terbang. Namun, menyiasati hal ini para pakar fiqih menganjurkan kita untuk membaca doa yang sama seperti doa naik kendaraan laut.

4. Adab Naik Kendaraan dalam Islam

Selain dengan membaca doa naik kendaraan seperti yang tercantum di atas, Rosululloh juga memberikan beberapa teladan terkait adab naik kendaraan bagi seorang muslim. Beberapa adab berkendara dalam Islam tersebut antara lain:
  1. Memiliki niat dan tujuan berkendara yang baik.
  2. Berdzikir dan terus mengingat nikmat Allah Ta’ala selama dalam perjalanan.
  3. memilih jenis kendaraan yang cocok dan memastikan kondisi alat transportasi yang kita gunakan benar-benar fit.
  4. Memperhatikan Aturan berkendara yang berlaku dalam sebuah tempat yang akan kita lalui.
  5. Berzikir saat melewati jalan menurun dan mendaki.

Nah, itulah beberapa doa naik kendaraan, baik darat, laut maupun udara (kapal terbang) serta beberapa adab berkendara dalam Islam seperti yang diajarkan oleh Rosululloh SAW. Semoga dengan menerapkan adab dan doa berkendara tersebut, perjalanan kita diberikan keselamatan dan kelancaran hingga tempat tujuan. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara beserta Adab Berkendara

0 komentar:

Post a Comment