Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

5 Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist Rosululloh

Dalam Islam, kita diajarkan untuk saling menyayangi antar sesama umat manusia. Ikatan persaudaraan yang terjalin harus kita pupuk, sehingga ketika ada teman, saudara, atau tetangga yang mengalami musibah (semisal sakit), kita bisa turut menjenguknya agar ia lebih semangat dalam melawan penyakitnya itu. Adapun Islam mengajarkan beberapa adab menjenguk orang sakit yang di dalamnya terdapat doa untuk orang sakit agar segera diberi kesembuhan. Berikut pemaparan doa untuk orang sakit tersebut seperti yang dicontohkan oleh Rosululloh SAW.

Doa untuk Orang Sakit

Doa untuk Orang Sakit jantung dan panas
Ada beberapa versi doa untuk orang sakit yang dapat kita baca sesuai dengan kondisi atau keadaan orang sakit yang kita jenguk. Doa-doa berikut ini sangat baik dibacakan agar si sakit bisa segera sembuh dan memulai harinya yang normal kembali.

1. Doa untuk Orang Sakit versi 1

Berdasarkan riwayat HR. Bukhari dan Muslim, diketahui bahwa Aisyah R.A. pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika didatangi oleh seseorang yang mengeluh sakit. Beliau kemudian meletakkan jari telunjuknya ke tanah, kemudian meludahinya sedikit, dan mengusapkan jari telunjuknya itu pada bagian tubuh orang yang sakit tadi sembari melafalkan doa untuk orang sakit berikut ini:
Latinnya : “Bismillahi Turbatu Ardlina Biriqoti Ba'dlina Yusyfa Saqimuna Bi'idzni Robbina”.
Artinya : “Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah”.

2. Doa untuk Orang Sakit versi 2

Dalam riwayat HR. Bukhari dan Muslim lainnya, Aisyah R.A. diketahui juga pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika berziarah pada seorang keluarganya yang tengah sakit keras. Beliau kemudian mengusapkan tangan kanannya pada kepala si sakit Sembari membaca doa untuk orang sakit berikut ini :

Doa untuk Orang Sakit supaya cepat sembuh
Latinnya : “Allahumma Robbannas, Adz-Hibil Ba'sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa'a Illa Syifa'uka Syifa'an La Yughadiru Saqoman.”
Artinya : “Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi.”

3. Doa untuk Orang Sakit versi 3

Dalam HR. Abu Dawud, Attirmidzy, dan Alhakim juga disebutkan bahwa Ibnu Abbas R.A. pernah mendengar Rasulullah bersabda bahwa barang siapa menjenguk orang sakit sebelum tiba ajal baginya, bacakanlah doa ini sebanyak 7 kali sehingga Alloh menyembuhkan ia dari penyakitnya itu. Doa untuk orang sakit yang dimaksud dalam hadist ini adalah:
Latinnya : “Asalullahal adhim, robbal arsyil adhim an-yasyfiyaka.”
Artinya : “Aku mohon kepada Allah yang Maha Agung. Tuhan yang mempunyai arasy yang besar, semoga Allah menyembuhkan engkau”.

4. Doa untuk Orang Sakit versi 4

Selain dari apa yang tercantum dalam hadist terkait dengan doa bagi seorang yang menjenguk, Rosululloh juga mencontohkan bagaimana seorang yang sakit untuk berdoa demi kesembuhan dirinya sendiri dengan cara meletakan tangan kanannya di bagian tubuh yang sakit sembari berdoa dengan lafal berikut:

Doa untuk Orang Sakit
Latinnya : “Bismillah A'uudzu Bi 'Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Maa Ajidu Wa Uhaadziru”.
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.

5. Doa untuk Orang Sakit Parah

Jika Anda menjenguk orang yang sudah sakit parah, sehingga dokter berpendapat bahwa ia sudah sulit untuk disembuhkan lagi, Anda sebaiknya mendoakan orang sakit itu dengan doa berikut:

Doa untuk Orang Sakit menurut agama Islam
Artinya: “Ya Allah hidupkanlah aku apabila itu lebih baik bagiku. Dan matikanlah aku apabila kematian itu lebih baik bagiku.”

Nah, itulah beberapa doa untuk orang sakit yang bisa menjadi bekal Anda ketika menjenguk sanak saudara yang tengah sakit. Semoga orang yang Anda jenguk bisa lekas sembuh setelah Anda mendoakannya. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist Rosululloh

0 komentar:

Post a Comment