Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Doa Niat Puasa Senin Kamis - Puasa senin kamis adalah puasa sunah yang cukup banyak dijalani oleh sebagian besar umat muslim di dunia. Puasa ini memiliki banyak keutamaan. Rosululloh menganjurkan kita untuk menjalani puasa ini sebagai tambahan amalan, selain juga untuk dapat memperoleh manfaatnya yang sangat beragam. Bagi Anda yang baru pertama kali ingin melaksanakan puasa senin kamis, berikut ini kami akan paparkan panduannya mulai dari doa niat puasa senin kamis dan aksara Arabnya serta tata cara melakukannya.

Doa Niat Puasa Senin Kamis

Pelaksanaan ibadah apapun pasti didahului dengan membaca atau melafalkan niat. Begitupun dengan saat kita akan melaksanakan ibadah sunah puasa senin kamis. Sebelum melaksanakan puasa ini, kita disyaratkan membaca niat puasa senin kamis pada malam hari yang bunyinya sebagai berikut:

Niat Puasa Sunah Hari Senin

Latinnya : “Nawaitu Shouma Yaumalitsnaini Sunnatal Lillahi Ta A’ala.”

Artinya : “Saya niat puasa di hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.”

Niat Puasa Sunah Hari Kamis

Latinnya : “Nawaitu Sauma Yaumal Khomiisi Sunnatan Lillahi Ta A’ala”

Artinya : “Saya niat puasa di hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Setelah melafalkan doa niat puasa senin kamis tersebut, kita kemudian bisa bershaur seperti melaksanakan puasa Romadhon. Setelah waktu shubuh (sekira fajar mulai menyingsing), kita diharuskan berhenti makan dan bisa menahan segala hawa nafsu hingga waktu Maghrib (saat matahari mulai terbenam).

Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Hal mendasar yang membuat puasa senin kamis begitu disunahkan oleh Rosululloh adalah karena hari senin dan kamis merupakan hari di mana para malaikat akan memeriksa amalan-amalan apa yang tengah kita kerjakan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Segala amal kebaikan manusia di hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh para malaikat, oleh karena itu aku merasa senang jika ketika amal perbuatanku diperiksa, aku sedang dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).
Selain karena hal tersebut, puasa senin kamis juga diistimewakan karena dengan menjalankannya, kita dapat memperoleh banyak manfaat kesehatan seperti memberikan kesempatan pada organ pencernaan kita untuk beristirahat, menurunkan kadar lemak terutama bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan, serta menyeimbangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Banyaknya keistimewaan dan manfaat puasa senin kamis tersebut seharusnya tentu membuat kita sayang jika melewatkan ke dua hari tersebut tanpa amalan. Oleh karena itu, marilah mulai sekarang kita aktif melaksanakan kedua puasa sunah ini agar apa yang kita inginkan bisa terwujud dan kita tergolong orang-orang beruntung.

Nah itulah tata cara, keistimewaan, serta doa niat puasa senin kamis yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu Anda yang ingin lebih mendekatkan diri kehadirat Alloh SWT. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

0 komentar:

Post a Comment