Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Niat Mandi Wajib Lengkap, Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Doa Niat Mandi Wajib
Doa Niat Mandi Wajib - Untuk dapat melaksanakan sholat, kita tentu harus terbebas dari hadast.  Adapun hadast sendiri berdasarkan syariat Islam, terbagi menjadi 2 yaitu hadast besar yang dihilangkan dengan cara mandi wajib dan hadast kecil yang dapat dihilangkan dengan cara berwudlu.

Terkait dengan cara berwudlu tentu semua orang sudah memahaminya dengan jelas, namun terkait dengan melakukan mandi wajib ternyata tidak semua orang mengetahui bagaimana cara dan doa niat mandi wajib yang harus dibaca. Oleh karena hal itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal tersebut beserta beberapa hal yang menjadikan seseorang harus melakukan mandi wajib. Berikut pemaparannya!

Doa Niat Mandi Wajib

Sebelum melakukan mandi wajib, syarat pertama yang harus kita lakukan adalah membaca niatnya. Doa niat mandi wajib yang kita baca adalah sebagai berikut:

Doa Niat Mandi Wajib
Latinnya : “Nawaitul Ghusla Liraf'il Hadatsil Akbari Fardhon Lillaahi Ta 'aalaa.”

Artinya : “Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar, fardhu karena Allah Taala."

Setelah membaca doa niat mandi wajib tersebut, kita dapat langsung mengguyur kepala sebanyak 3 kali, kemudian membasahi seluruh tubuh mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki dan membersihkan semua kotoran atau noda yang menempel pada tubuh kita.

Hal-hal yang Mengharuskan Mandi Wajib

Hukum Islam mengatur jika setelah mengalami mimpi basah, keluar mani, menstruasi, nifas, melahirkan, atau bersetubuh, kita diharuskan melakukan mandi wajib. Mandi wajib harus dilakukan dengan diawali doa niat mandi wajib seperti yang tercantum di atas. Jika kita melakukan mandi wajib tanpa membaca doa niat, maka hukumnya tidak sah, sehingga kita tidak diperkenankan untuk melakukan ibadah sholat atau puasa sebelum melakukan mandi wajib lagi dengan tata cara yang benar.

Sunah-sunah dalam Mandi Wajib

Bagi Anda yang ingin mendapatkan nilai lebih dari mandi wajib yang Anda akan laksanakan, ikutilah beberapa sunah yang diajarkan Rosululloh ketika akan dan sedang melaksanakannya agar mandi wajib Anda terasa lebih sempurna. Sunah-sunah dalam mandi wajib tersebut antara lain:
  1. Cuci tangan sebanyak tiga kali sebelum mandi.
  2. Bersihkan kemaluan dan kotoran yang ada menggunakan tangan kiri.
  3. Cuci tangan setelah membersihkan kemaluan dengan menggunakan sabun.
  4. Berwudhu seperti ketika hendak salat sebelum mandi.
  5. Mengguyur air ke kepala tiga kali sampai ke pangkal rambut.
  6. Mendahulukan cuci kepala dan bagian tubuh yang kanan.
  7. Menyela-nyela rambut.

Nah, itulah tata cara dan doa niat mandi wajib beserta sunah-sunah dalam melaksanakan mandi wajib yang dapat Anda kerjakan untuk menambah kesempurnaan mandi wajib yang Anda lakukan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Niat Mandi Wajib Lengkap, Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

0 komentar:

Post a Comment