Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

4 Doa Ulang Tahun Terbaik untuk Diri Sendiri

Doa Ulang Tahun
Memperingati tanggal lahir atau sering dikenal dengan istilah ulang tahun (milad) bagi sebagian orang memang dianggap sebagai hal yang cukup penting. Melalui peringatan ulang tahun, seseorang diharapkan akan semakin menyadari jika umurnya terus berkurang, sehingga kesempatannya untuk hidup di dunia akan semakin sedikit.

Adapun dalam kebiasaan masa kini, dalam peringatan ulang tahun (milad), seseorang biasanya akan menyelipkan beberapa harapan atau doa yang merupakan keinginan-keinginan di tahun-tahun berikutnya dalam kehidupan mereka. Doa ulang tahun untuk diri sendiri ini tentunya sangat beragam, sesuai dengan hal-hal yang akan dimintakan. Lalu, bagaimana pandangan ajaran Islam tentang doa ulang tahun tersebut? Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian kami berikut ini!

1. Doa Ulang Tahun : Memohon Panjang Umur

Hal pertama yang sering diharapkan dan diminta oleh seorang yang tengah ulang tahun adalah memiliki umur yang panjang, umur yang berkah, dan umur yang bermanfaat. Oleh karena itu, pada tahap pertama ini kami sampaikan doa ulang tahun untuk memohon panjang umur dengan bacaan sebagai berikut:

Doa Ulang Tahun untuk suami
Latinnya : “Allahumma, Thowwil Umuuronaa, Wa Shohhih Ajsaadanaa, Wa Nawwir Quluubanaa, Wa Sabbit Imaananaa, Wa Akhsin A'maalanaa, Wa Wassi Arzaqonaa, Wa Ilalkhoiri Qorribnaa, Wa 'Anisysyarri Ab' Idnaa, Waqdhi Khowaa-Ijanaa Fiddiini, Waddunyaa, Wal Aakhiroti Innaka 'Alaakulli Syai-In Qodiir”

Artinya : “Ya Allah, panjangkan umur kami, sehatkan badan kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan, dan jauhkan kami dari kejahatan, kabulkan segala kebutuhan kami, baik dalam agama, dunia, maupun akhirat. Sesungguhnya Kau adalah Dzat Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. Doa Ulang Tahun : Memohon Keselamatan dan Kesejahteraan

Seseorang yang berulang tahun umumnya juga akan memohon keselamatan dan kesejahteraan. Keselamatan dan kesejahteraan yang diharapkan bisa saja berupa keberkahan rizki, penambahan ilmu, serta ampunan dari dosa-dosa yang pernah diperbuat. Jika Anda ingin memohon keselamatan dan kesejahteraan, baca lah doa ulang tahun berikut ini:

Doa Ulang Tahun untuk teman
Latinnya : “Allahumma Innaa Nas Aluka, Salaamatan Fid Diin, Wa 'Aafiyatan Fil Jasad, Wa Ziyaadatan Fil 'Ilmi, Wa Barokatan Fir Rizq, Wa Taubatan Qoblal Maut, Wa Rohmatan 'Indal Mauti, Wa Maghfirotan Ba'dal Mauti.“

Artinya : “Ya Allah kami memohon kepadaMu, keselamatan di dalam agama, kesejahteraan pada tubuh, penambahan ilmu, keberkahan rizqi, taubat sebelum mati, rahmat di waktu mati, dan keampunan setelah mati. “
1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

3. Doa Ulang Tahun : Memohon Anak yang Sholeh

Yang tak kalah penting dalam kehidupan berumah tangga adalah hadirnya anak yang sholeh yang bisa membanggakan kedua orang tuanya, berguna bagi bangsa dan agamanya. Jika mengharapkan hal ini ditahun selanjutnya, bacalah doa ulang tahun berikut saat peringatan hari lahir Anda:

doa ulang tahun anak
Latinnya : “Robbi Hablii Mil Ladunka Dzurriyyatan Thoyyibatan. Innaka Samii'ud Du'aa.”

Artinya : “Ya Alloh, Ya Tuhanku, berilah aku seorang anak yang soleh. Sesungguhnya Kau adalh Dzat Yang Maha Pendengar Doa.”

4. Doa Ulang Tahun : Memohon Kemuliaan (Keluarga)

Terakhir, seseorang yang ulang tahun umumnya juga akan memohon hadirnya kemulian dalam keluarga yang dibangunnya. Bila mengharapkan hal serupa, Anda dapat membaca doa ulang tahun berikut ini:

doa ulang tahun kelahiran
Latinnya : “Robbanaa, Hablanaa Min Azwaajinaa, Wa Dzurriyyaatinaa, Qurrota A'yun, Waj-'Alnaa Lilmuttaqiina Imaama.“

Artinya : “Ya Alloh, Ya Tuhan kami, anugerahkanlah pada kami, istri-istri dan anak cucu sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.”

Nah, itulah beberapa doa ulang tahun yang dapat Anda panjatkan sesuai dengan harapan dan keinginan Anda. Semoga dapat bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Doa Ulang Tahun Terbaik untuk Diri Sendiri

0 komentar:

Post a Comment