Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Mohon Petunjuk Kebenaran Pilihan Lengkap Rumi dan Artinya

Doa Mohon Petunjuk
Doa Mohon Petunjuk - Untuk dapat hidup bahagia, kita harus pandai memilih. Memilih memang suatu pekerjaan yang tidak mudah dilakukan. Pilihan-pilihan yang banyak dengan beragam keuntungan dan kerugian yang dapat ditimbulkannya masing-masing, membuat kita sering kali menjadi bingung.

Doa Mohon Petunjuk

Kita tak pernah tahu sebetulnya mana pilihan yang bisa membawa kebaikan dan mana yang membawa keburukan.  Pilihan yang menurut kita buruk, belum tentu berakhir dengan menyedihkan, sebaliknya pilihan yang menurut kita baik bisa saja malah diakhiri dengan kenestapaan. Nah, untuk dapat memilih pilihan yang tepat dalam hidup, Islam mengajarkan kita untuk dapat mohon petunjuk pada sang pencipta atas pilihan-pilihan yang ada, mulai dari memanjatkan doa mohon petunjuk, melakukan sholat istikhoroh, dan lain sebagainya. Berikut akan kita bahas tentang cara memilih dalam Islam tersebut secara lebih dalam.
Dalam kebimbangan menentukan sebuah pilihan, pertama yang paling mudah dilakukan tentu adalah dengan memanjatkan doa mohon petunjuk pada Alloh SWT, agar hati kita dicondongkan ke arah atau pilihan yang lebih baik. Doa mohon petunjuk yang dapat Anda baca misalnya seperti petikan QS. Ali-Imron ayat 8, yang memiliki lafal sebagai berikut:

Doa Mohon Petunjuk
Latinnya : “Robbanaa laa tuzigh quluubana, ba’da idz hadaitanaa, wa hablanaa min ladunka rohmatan, innaka antal wahhaab.”

Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau condongkan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi.”

Sholat Istikhoroh untuk Mohon Petunjuk

Jika pilihan yang ada di depan mata merupakan pilihan yang benar-benar sulit, Islam juga menganjurkan kita untuk melakukan sholat istikhoroh. Shalat istikhoroh yang dilakukan dalam keheningan malam yang sunyi akan membuat kita merasa sangat dekat dengan Alloh. Pikiran kita yang tenang, bersih, dan bebas dari segala hawa nafsu di malam itu akan sangat membantu masuknya petunjuk dari Alloh ke dalam pikiran kita dalam menentukan pilihan. Seperti yang dimuat dalam blog Mas Arry Rahman, lakukanlah shalat istikharah 3 hari berturut-turut, disertai doa mohon petunjuk di atas secara ikhlas dan tulus, Insya Alloh, Anda akan bisa menjawab semua pilihan yang ada.

Selain dengan mendekatkan diri kepada Alloh, melakukan sholat istikhoroh, dan memanjatkan doa mohon petunjuk di atas, sebagai mahluk yang dikaruniai akal, kita juga dapat menganalisis pilihan-pilihan yang ada sehingga dapat menentukannya sembari didukung petunjuk dari Alloh. Beberapa cara menentukan pilihan di tengah kebingungan yang ada misalnya:
  1.  Dengan melakukan analisis SWOT atau Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang), dan Threats (ancaman) dari masing-masing pilihan yang ada. Kemudian bandingkan antara pilihan satu dengan pilihan yang lainnya. Mana yang menurut Anda paling lebih menguntungkan.
  2. Berdiskusi dengan orang tua, kerabat, atau orang yang lebih berpengalaman dalam pilihan yang Anda hadapi. Pengalaman yang telah mereka lalui merupakan tambahan pengetahuan atau petunjuk bagi Anda untuk menentukan pilihan yang paling tepat.

Nah, itulah pembahasan tentang tips memilih dan doa mohon petunjuk menentukan pilihan yang dapat kami sampaikan di kesempatan hari yang berbahagia ini. Semoga Anda bisa menyelaminya dan menemukan pilihan terbaik untuk hari ini, esok, dan seterusnya. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Mohon Petunjuk Kebenaran Pilihan Lengkap Rumi dan Artinya

0 komentar:

Post a Comment