Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Penyejuk Hati Penenang Jiwa yang Amarah Lengkap

Doa Penyejuk Hati
Doa Penyejuk Hati - Hati yang sejuk dan damai sejatinya merupakan sumber kebahagian dalam kehidupan. Meski harta berlimpah, fisik sehat dan sejahtera, tapi jika hati kita berisi dengan kekecewaan, kegundahan, kegelisahan atau sakit hati, kita tentu masih akan tetap merasa belum bahagia.

Hati yang sejuk adalah modal kebahagian baik di dunia maupun di akhirat. Untuk dapat memilikinya, tak ada cara lain yang bisa Anda kerjakan selain dengan selalu mendekatkan diri pada Sang Pemilik Hati. Berikut kami akan paparkan sekelumit tentang tips-tips yang dapat membantu menyehatkan hati Anda dari segala macam penyakit hati beserta doa penyejuk hati yang biasa dilafalkan oleh Rosululloh saat tengah menghadapi masalah.

Doa Penyejuk Hati

Saat menghadapi masalah dan cobaan, atau saat amarah hadir dalam hati Anda, pertama kali, bacalah doa penyejuk hati yang sering diamalkan oleh orang-orang alim berikut ini:

Doa Penyejuk Hati Penenang Jiwa yang Amarah Lengkap
Latinnya : “Allahummamushorrifal quluub, shorrif quluubana ‘ala tho’atik, wa thabbit qalbi `ala dinika, Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa khasanah, wa fil aakhirati khasanah, waqina ‘adzaa ban naar.”

Artinya : “Ya Allah yang memalingkan/membolak-balikkan hati manusia, palingkanlah hati kami di atas ketaatan kepada-Mu, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu.Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, jagalah kami dari siksa api neraka.”

Jika setelah membaca doa penyejuk hati tersebut, amarah Anda masih saja menggebu, maka duduklah. Jika saat duduk, hati tak kunjung sejuk, maka tidurlah. Jika mata tak bisa terpejam karena pikiran negatif masih menyelimuti, maka ambillah air wudlu. Jika masih tak bisa tenang hati dan pikiran Anda, maka sholatlah. Mohon pertolonganlah kepada-Nya, karena Dia-lah sebaik-baiknya pertolongan. [Baca Juga : Doa Sabar, Agar Diberi Kesabaran ].

Mengambil air wudhu, melakukan sholat, membaca Al-Qur'an, dan berzikir sembari mengadukan masalah yang Anda hadapi kepada Allah akan membuat hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang dan tentram. Dengan hati dan pikiran yang tenang dan tentram, insya Alloh jalan keluar pun akan segera datang.

Berfikir Positif
Agar hati sejuk dan tenang, usahakanlah juga untuk tetap berpikir positif dalam menghadapi masalah. Berpikir positif sangat membantu anda dalam menenangkan hati yang sedang gelisah dan menenangkan pikiran yang tengah kacau.

Curhat
Untuk menyejukan hati yang tengah gundah, janganlah menyimpan dan membiarkan masalah Anda pikul sendiri.  Cobalah temui para sahabat atau saudara terdekat Anda. Ceritakan masalah dan bebanmu kepada mereka. Dengan melakukan hal ini, beban Anda pasti sedikit banyak berkurang, selain itu siapa tahu lawan bicara Anda dapat memberikan solusi yang tak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya sehingga menambah ketenangan hati.

Cari Kesibukan Lain
Jika setelah melafalkan doa penyejuk hati, melakukan sholat dan dzikir, dan berusaha untuk berpikiran positif, hati Anda masih belum juga tenang, maka usahakanlah alihkan pikiran Anda dari masalah yang Anda hadapi. Cari kesibukan lain sebagai pelipur hal negatif yang Anda alami. Dengan kesibukan yang Anda lakukan, insya Alloh sedikit demi sedikit Anda akan lupa dengan masalah yang Anda hadapi. Sehingga hati Anda dapat sejuk kembali.

Nah, itulah beberapa tips menyejukan hati yang tengah dirundung masalah beserta doa penyejuk hati yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Penyejuk Hati Penenang Jiwa yang Amarah Lengkap

0 komentar:

Post a Comment