Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Niat Sholat Tahajud dan Tata Cara yang Benar

Shalat tahajud memiliki banyak sekali faedah dan keutamaan. Banyak orang yang ingin melakukannya, tapi tak jarang mereka tidak mengerti dan tahu bagaimana bacaan niat sholat tahajud beserta tata cara sholat tahajud yang benar yang sesuai dengan teladan yang diberikan Rosululloh. Jika Anda termasuk orang-orang tersebut, berikut ini Blog Doa Sholat telah memaparkan panduaannya untuk Anda. Silakan disimak!

Niat Sholat Tahajud dan Tata Cara yang Benar

Sholat tahajud adalah sholat sunah mu’akad (keutamaan) yang dikerjakan sedikitnya dalam 2 roka’at pada malam hari setelah terbangun dari tidur. Sholat ini dapat dilakukan pada waktu antara sholat isya dan terbitnya sang fajar (subuh). Yang menjadi syarat utama sholat ini adalah ia dikerjakan setelah seseorang bangun dari tidurnya, sedangkan jika dikerjakan pada waktu sebelum tidur, sholat yang dilakukan itu berarti bukanlah sholat tahajud, melainkan sholat sunah biasa seperti sholat witir, sholat hajat, dan lain sebagainya.

1. Niat Sholat Tahajud

Tata cara sholat tahajud sebetulnya sama seperti sholat wajib dan sholat sunah pada umumnya. Yang membedakan hanyalah niatnya saja. Untuk niat sholat tahajud berikut adalah pelafalannya:

Niat Sholat Tahajud
Latin : ”USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA”.
Artinya : “Saya niat melakukan sholat sunah tahajud sebanyak dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Setelah membaca niat sholat tahajud tersebut, anda kemudian takbir, membaca doa iftitah,  surat Al Fatihah, surat pendek, dan seterusnya sama seperti tata cara sholat pada umumnya hingga salam.

2. Istighfar setelah Sholat Tahajud

Setelah selesai salam, Anda dianjurkan untuk beristighfar sebanyak 33 kali hingga 100 kali. Istighfar dapat membantu mendekatkan diri Anda kepada Allah, meluruhkan dosa-dosa, serta menambah keimanan. Bacaan istigfar yangdianjurkan adalah sebagai berikut:

Niat Sholat Tahajud
Latin : “ASTAGHFIRULLAHAL’ADZIM, ALLADZI LA ILAHA ILLA HUWAL HAYYUL QOYYUMU WA ATUBU ILAIH”
Artinya : “Aku meminta ampun pada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Mu”.

3. Sholawat Nabi Muhammad

Setelah istighfar selesai, selanjutnya Anda dianjurkan untuk membaca shalawat nabi sebanyak 33 kali. Shalawat nabi memiliki banyak keutamaan apalagi jika dibaca setelah pelaksanaan sholat tahajud. Selain membuat doa kita menjadi lebih mustajab, membaca sholawat nabi juga memiliki beberapa manfaat, diantaranya dijanjikan mendapat pahala berlipat, diangkat derajatnya, dikumpulkan dalam surga bersama Nabi, serta membuat kita mendapatkan syafaat Nabi di hari kiamat kelak.

Adapun bacaan sholawat nabi yang dianjurkan dalam tata cara sholat tahajud yang benar adalah sebagai berikut:
Niat Sholat Tahajud
Latin : “ALLOHUMA SOLLI A’LAA SAYIDINNA MUHAMMAD WA A’LAA ALIHI SAYYIDINNA MUHAMMAD”
Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Say-yidina Muhammad dan kepada keluarga Sayyidina Muhammad”


4. Doa Sholat Tahajud

Sebagai pelengkap, dan mengakhiri ibadah sholat sunah tahajud, terakhir Anda juga dianjurkan untuk membaca doa sholat tahajud seperti yang diajarkan oleh Rasululloh. Bacaan doa sholat tahajud tersebut adalah sebagai berikut:

Doa Sholat Tahajud
Doa Sholat Tahajud
Doa Sholat Tahajud
Usai melakukan ibadah sholat tahajud dengan tata cara yang diajarkan tersebut, selanjutnya Anda bisa kembali berbaring untuk melanjutkan tidur. Namun, sebelum tidur ada keistimewaan lain yang bisa Anda peroleh jika Anda melanjutkan doa sholat tahajud tadi dengan membaca Surat Yasiin, Al-Ikhlas, An-Nash, dan Al-Falq. Dengan membaca surat-surat tersebut dan meresapi maknanya, Anda insyaalloh akan mendapatkan pertolongan sehingga apa keinginan yang Anda idam-idamkan bisa tercapai.

Nah, itulah pemaparan tentang niat sholat tahajud beserta tata cara melaksanakan sholat tahajud sesuai dengan tuntunan yang diajarkan oleh Rasululloh SAW. Semoga dapat membantu Anda yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Alloh SWT melalui sholat sunah mu’akad yang satu ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Niat Sholat Tahajud dan Tata Cara yang Benar

0 komentar:

Post a Comment