Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Ini 5 Faedah, Khasiat, dan Fadilah Sholat Tahajud !

Sholat tahajud memiliki banyak keistimewaan dan hikmah, sehingga wajar jika ibadah sholat satu ini tergolong dalam jenis sunah muakad atau sunah yang sangat dianjurkan. Namun, terlepas dari keistimewaan dan hikmahnya itu, tahukah Anda jika sholat tahajud rupanya memiliki banyak faedah, khasiat, serta fadilah bagi mereka yang rutin menjalankannya. Apa saja faedah, khasiat, serta fadilah sholat tahajud tersebut? Ingin tahu apa saja? Simak pemaparan berikut ini!

Faedah Sholat Tahajud

Berdasarkan hadist riwayat Tirmidzi, orang-orang sholeh (muhlisin) zaman dahulu memandang jika sholat tahajud laksana sholat wajib. Mereka akan merasa sangat merugi jika tidak mengerjakan sholat sunah muakad ini meski sehari saja. Tak peduli musim panas atau musim dingin, mereka akan selalu berusaha mengerjakannya, karena mereka meyakini jika sholat tahajud memiliki banyak sekali faedah. Berikut adalah beberapa faedah sholat tahajud tersebut seperti kami kutip dari beberapa sumber.


1. Memperbaiki Imunitas Tubuh

Berdasarkan penelitian Muhammad Sholeh -seorang dosen di Institut Agama Islam Negeri Surabaya-, faedah sholat tahajud rupanya tak cuma membuat kita mendapatkan tempat terpuji di sisi Allah, ia juga dapat menjadi sangat penting bagi kesehatan.

Sholat tahajud bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membebaskan seseorang dari risiko infeksi kanker.  Udara dini hari yang segar dan kondisi hormonal tubuh yang masih fresh saat bangun di tengah malam untuk melaksanakan tahajud adalah salah satu dari faktor yang penting dalam hal ini.

2. Terapi Pengobatan Terbaik

Selain untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang menurun karena aktivitas sehari-hari, sholat tahajud juga memiliki faedah dalam terapi pengobatan terbaik dari berbagai jenis masalah kesehatan. Hal ini sesuai dengan hadist Rosululloh riwayat Tirmidzi berikut:
Kerjakanlah shalat malam, karena itu adalah kebiasaan para solihin di masa sebelum kalian. Ia adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, pencegah dosa, penghapus khilaf, dan pencegah berbagai macam penyakit.

3. Menjaga Kecantikan dan Ketampanan

Faedah sholat tahajud juga bisa membuat ketampanan dan kecantikan orang yang selalu melaksanakannya tetap terjaga. Bukan hanya ketampanan dan kecantikan fisik, para ahli tahajud juga bisa memiliki tampilan bathin yang indah.

Hadist riwayat Ibnu Majah menjelaskan bahwa barang siapa yang rajin melakukan shalat saat malam hari, wajahnya bakal terlihat tampan dan cantik saat siang harinya.

4. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja yang berbasis kemampuan emosional dan spiritualis juga dapat terus ditingkatkan jika kita rutin melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam saat terbangun dari tidur. Dengan melaksanakan tahajud, kita akan segar di pagi hari dan semangat dalam menjalani kehidupan.

5. Mempercepat Tercapainya Cita-cita

Salah satu waktu dimana doa dapat dengan mudah diijabah adalah saat sepertiga malam. Setelah melaksanakan ibadah sholat tahajud, berdoalah, memintalah apapun yang Anda ingini, sehingga insya Alloh, doa Anda akan diwujudkan, cita-cita dapat dikabulkan, dan keinginan bisa dilakukan.

Nah, itulah 5 faedah sholat tahajud yang tentu sangat berharga untuk disia-siakan begitu saja. Menghabiskan waktu untuk tidur malam hanya akan membuat Anda bermimpi, tapi terbangun dan melaksanakan ibadah sholat ini, Anda akan mendapatkan banyak hal dan pengalaman. Untuk itu, marilah kita membiasakan diri melaksanakan sholat tahajud. Jika belum tahu caranya, berikut kami telah sediakan panduannya untuk Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini 5 Faedah, Khasiat, dan Fadilah Sholat Tahajud !

0 komentar:

Post a Comment