Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Inilah 6 Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah salah satu shalat sunah yang sangat dianjurkan oleh Rosullulloh. Sholat ini umum dilakukan saat malam hari setelah seseorang terjaga dari tidurnya. Ia dikerjakan paling sedikit dalam dua rakaat dan paling banyak dalam 12 rakaat. Adapun waktu yang paling utama untuk mengerjakannya ialah saat sepertiga akhir malam, yaitu sekitar jam 2 dini hari. Meski mungkin cukup berat dilaksanakan, sholat tahajud rupanya memiliki banyak keistimewaan dan hikmah, sehingga sangat wajar jika ia digolongkan ke dalam jenis sunah mu’akad. Seperti apa keistimewaan dan hikmah sholat tahajud yang bisa diperoleh seseorang yang menjalankannya? Simak uraian berikut ini!

Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

Dibandingkan dengan berbagai jenis sholat sunah yang lain, sholat tahajud sebetulnya memiliki banyak sekali keistimewaan. Ada banyak hikmah yang bisa kita peroleh jika kita secara rutin melaksanakan ibadah satu ini, salah satunya yaitu kita bisa mendapatkan ketenangan jiwa karena bisa merasa dekat dengan Alloh dalam keheningan malam yang sunyi. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa waktu sepertiga malam adalah waktu yang mustajab untuk berdoa, sehingga jika kita berdoa setelah sholat tahajud, segala apa yang kita ingini insyaAlloh dapat dikabulkan oleh-Nya.

Dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist, dijelaskan bahwa sholat tahajud juga bisa memberikan banyak hikmah jika dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar. Hikmah tersebut antara lain bisa dibangkitkan dalam tempat yang terpuji, mendapatkan kebaikan dan rahmat, dimasukan dalam kelompok hamba-hamba yang baik, digolongkan sebagai orang yang beriman, dijanjikan surga, serta dijauhkan dari segala keburukan dan dosa.

1. Dibangkitkan dalam Tempat yang Terpuji

Keistimewaan sholat tahajud yang pertama dapat dimiliki oleh orang yang rutin melaksanakannya adalah ia akan dibangkitkan oleh Alloh dalam tempat terpuji. Hal ini sesuai dengan Firman-Nya dalam Al-Qur’an Surat Al-Isro : 79.
Dan pada sebagian malam hari, bersembahyang tahajud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-mu dapat mengangkat kamu kembali ke tempat yang terpuji.

2. Mendapat Kebaikan dan Rahmat dari-Nya

Hikmah sholat tahajud selanjutnya bagi orang yang rutin melaksanakan yaitu orang tersebut akan mendapatkan kebaikan dan rahmat dari-Nya. Ia akan digolongkan sebagai mukhsinin sesuai dengan firman Alloh dalam Surat Az-Zariyah : 15-18.
Sesungguhnya orang-orang bertakwa akan ada di dalam taman-taman surga yang bermandikan mata air, mereka hidup sembari mengambil apa yang dikaruniakan kepada mereka oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka saat di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit tidur di malam hari. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampunan.

3. Dimasukan dalam Kelompok Hamba yang Baik

Mereka yang melaksanakan sholat tahajud secara rutin juga akan dimasukan ke dalam kelompok hamba-hamba Alloh yang baik. Hal ini sesuai dengan firman Alloh dalam Surat Al-Furqan: 63-64.
Yang termasuk dalam hamba-hamba Ku yang baik adalah orang-orang rendah hati, apabila orang-orang jahil menyapa, mereka akan mengucapkan kata-kata baik, dan orang yang melalui malam dengan bersujud untuk Tuhan mereka.

4. Pembeda dengan Para Musyrikin

Tahajud adalah pembeda jelas antara orang-orang muttaqin dengan orang-orang musyrikin. Inilah salah satu hikmah sholat tahajud yang disebutkan Alloh dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar: 9.
Hai orang musyrik, apakah kamu yang lebih beruntung ataukah orang yang selalu beribadah di malam hari dengan sujud dan berdiri? Sedang ia takut kepada azab akhirat dan mengharapkan rahmat-Ku? Katakanlah: "Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sungguh, orang yang berakal-lah yang bisa menerima pelajaran.

5. Masuk Surga

Seperti dituliskan dalam hadist riwayat Al-Hakim, At-Tirmizy, dan Ibnu Majah, Rosululloh pernah bersabda bahwa orang yang rutin sholat tahajud saat manusia lain terlelap tidur adalah orang yang pasti masuk surga.
Wahai manusia, ucapkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali kasih, shalat malamlah saat orang pada terlelap, dan masuklah surga dengan selamat.

6. Penghapus Keburukan dan Dosa

Shalat tahajud adalah kebiasaan para sholihin sebelum kita. Ia merupakan sarana pendekatan manusia kepada Allah yang dapat menghapus keburukan dan dosa serta menangkal penyakit di tubuh kita. Hal ini sesuai dengan sabda Rosulullah dalam hadist riwayat At-Tabarani dan Al-Hatsami.
Hendaklah kamu melaksanakan sholat malam, sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shalih sebelum kamu, sarana pendekatan kepada Allah, penghapus keburukan, pencegah dosa dan penangkal penyakit di badan.
Nah, itulah keenam keistimewaan dan hikmah sholat tahajud yang bisa kita peroleh jika kita melakukannya secara rutin dan benar. Menyadari banyaknya keistimewaan dan hikmah dari sholat sunah ini, rasanya tentu akan sangat disayangkan jika kita menyia-nyiakan waktu yang tersisa dalam lelap tidur kita untuk tidak melakukan tahajud. Bagi Anda yang tertarik untuk melaksanakan sunah rosul ini dan masih belum bisa melakukannya, kami telah menyediakan tuntunan tata cara sholat tahajud secara lengkap di sini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah 6 Keistimewaan dan Hikmah Sholat Tahajud

0 komentar:

Post a Comment