Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Beserta Artinya

Doa Keluar Rumah
Rumahku istanaku. Kiasan ini memang terkesan berlebihan, namun tanpa kita sadari ternyata kiasan ini juga benar adanya. Di rumah kita sendiri, kita bebas melakukan apa saja. Ingin keluar sesuka hati, ingin masuk pun bisa semaunya sendiri.

Nah terkait dengan keluar masuk rumah, kita mungkin biasanya hanya mengucapkan salam yang bunyinya “Assalamualaiku Warohmatullohi Wabarokatuh”. Namun, tahukah Anda jika sebetulnya dalam Islam, selain mengucapkan salam, ketika hendak masuk atau keluar rumah kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut doa keluar rumah dan doa masuk rumah sesuai seperti yang diajarkan oleh baginda Rosululloh SAW beserta artinya.


1. Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah

Sebetulnya, ada beberapa versi doa keluar dan masuk rumah yang dapat kita gunakan ketika hendak bepergian atau ketika baru pulang dari suatu tempat. Namun, secara umum ada satu doa yang bisa digunakan secara bersama-sama, baik itu ketika hendak masuk, maupun ketika hendak keluar dari rumah kita. Doa tersebut memiliki bacaan sebagai berikut:

Doa Keluar Rumah
Latinnya : “Alloohumma Innii AsAlukal Khoirol Mauliji, Wa Khoirol Makhroji, Bismillaahi Wa Lajnaa, Wa Bismillaahi Khorojnaa, Wa 'Alallohi Robbinaa Tawakkalnaa.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar. Dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah pula kami keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”
1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

2. Doa Keluar Rumah

Secara khusus, ada pula doa yang bisa kita baca ketika hendak keluar rumah. Doa ini berguna untuk memohon keselamatan pada rumah yang kita tinggalkan, dihindarkan dari segala musibah, dan segala macam keburukan. Berikut ini bacaan doa keluar rumah tersebut:

Doa Keluar Rumah
Latinnya : “Bismillaahi Tawakkaltu Alalloohi, Laa Haulaa Walaa Quwwata, Illaa Billaahi.”

Artinya : “Dengan nama Allah aku bertawakal pada-Nya, tiada daya dan kekuatan melainkan daya dan kekuatan Allah.”

3. Doa Masuk Rumah

Selain doa khusus untuk keluar rumah, Rosululloh juga mengajarkan pada kita doa khusus yang bisa kita baca ketika hendak masuk rumah. Doa ini memiliki lafadz sebagai berikut:

Doa Masuk Rumah Beserta Artinya
Latinnya : "Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa."

Artinya : “Dengan nama Allah kami masuk rumah, dengan nama Allah aku keluar rumah, serta kepada-Nya aku berserah diri.”

4. Doa Masuk Rumah Kosong

Pada rumah yang lama kosong, biasanya terdapat beberapa hal yang menjadikan kita patut waspada dan hati-hati saat memasukinya, mulai dari karena kondisi fisiknya yang sudah mulai rapuh, hingga karena adanya kemungkinan rumah tersebut sudah dihuni oleh mahluk halus semacam jin. Oleh karena itu, rosululloh juga mengajarkan pada kita untuk membaca doa masuk rumah kosong yang memiliki lafadz sebagai berikut:

Doa Masuk Rumah Beserta Artinya
Latinnya : "Assalaamu'alaina Wa 'Alaa Ibaadillaahishhoolihiin”.

Artinya : “Semoga keselamatan bagi kita semua, terutama bagi hamba-hamba Allah yang sholeh.

5. Tips Aman saat Rumah Ditinggalkan

Selain dengan membaca doa keluar rumah atau doa masuk rumah, agar rumah kita tetap aman ketika ditinggalkan, kami menyarankan Anda untuk melakukan beberapa tips sederhana ini ketika hendak pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama.
  1. Pastikan pintu dan jendela telah benar-benar terkunci rapat.
  2. Hentikan langganan koran agar koran tidak menumpuk di depan rumah dan mencirikan bahwa rumah Anda kosong selama ditinggalkan pergi.
  3. Jika memungkinkan, atur waktu lampu untuk menyala dan mati secara otomatis.
  4. Mintalah tetangga, saudara dekat rumah, atau satpam untuk mengawasi rumah selama ditinggalkan.
  5. Cabut kontak listrik yang dirasa tidak perlu menyala sepanjang hari.
  6. Letakan sandal bekas Anda di depan halaman rumah atau nyalakan radio di dalam rumah untuk mengecoh orang yang niat berbuat jahat.

Nah, itulah beberapa tips aman meninggalkan rumah kosong beserta doa keluar rumah dan doa masuk rumah yang dapat kami sampaikan. Baca pula artikel kami mengenai Doa Naik Kendaraan yang kami posting sebelumnya. Semoga dengan tulisan kami kali ini, Anda dan rumah Anda selalu memperoleh keselamatan. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Keluar Rumah dan Doa Masuk Rumah Beserta Artinya

0 komentar:

Post a Comment