Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Bercermin ala Nabi Yusuf yang Sahih dan Artinya

doa bercermin
Kita semua tentu ingin dapat memiliki penampilan yang indah. Dalam kehidupan sosial, malu memang rasanya jika kita berpakaian tak rapi dan kumuh sedang orang lain terlihat berpenampilan begitu baik.

Islam pun mengajarkan agar kita dapat menjaga penampilan kita, karena sejatinya berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Muslim, Rosululloh pun pernah bersabda bahwa sesungguhnya Alloh itu indah dan sangat menyukai keindahan. Untuk itu, ketika akan bepergian atau menghadiri acara, kita disunnahkan untuk bercermin dan berias sesuai dengan adab dan batasan-batasan tertentu. Seperti apa adab berias dan doa bercermin yang diajarkan dalam Islam tersebut? Simak pemaparan Blog Doa Sholat berikut ini!

1. Baca Doa Bercermin

Sebelum berias dan bercermin, kita terlebih dahulu disunahkan untuk membaca doa bercermin sembari berniat dengan ikhlas supaya menjadi pribadi yang sederhana lagi rapi. Salah satu doa bercermin yang dapat dibaca adalah doa bercermin Nabi Yusuf yang bunyinya sebagai berikut:

doa bercermin Nabi Yusuf
Latinnya : “Allaahumma kamaa hassanta kholqii fa hassin khuluqii.”

Artinya : “Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

2. Bersyukur saat Bercermin

Setelah membaca doa bercermin tersebut, kita kemudian dianjurkan untuk bersyukur atas segala sesuatu yang diberikan Alloh pada diri kita. Bersyukur jika memiliki hidung yang mancung, mata yang jeli, wajah yang halus, rambut yang lurus, dan lain sebagainya. Bersyukurlah untuk semuanya.
1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

3. Jangan Udub atau Sombong

Jangan udub atau rendah diri, jangan pula tinggi hati dan sombong atas apa yang Alloh berikan pada diri Anda. Jika menurut Anda, Anda memiliki wajah yang tak menarik, maka sadarilah jika hidup adalah anugerah. Sedang jika Anda merasa diri Anda cantik atau tampan, maka tetaplah menyadari bahwa itu semua hanya sementara. Semua yang Anda miliki itu akan hilang tergerus oleh waktu.

4. Mulailah Merias Diri

Setelah membaca doa bercermin dan bersyukur, mulailah merias diri Anda. Meriaslah secara sederhana. Jangan berlebihan, dan ikuti rambu-rambu yang sudah digariskan dalam islam. Berikut ini aturan mainnya:
  1. Jangan berlama-lama berada di depan cermin.
  2. Jangan memakai perhiasan secara berlebihan.
  3. Perempuan yang sedang berkabung tidak diperkenankan memakai perhiasan.
  4. Jangan wewangian yang mengandung alkohol.
  5. Khusus laki-laki, jangan gunakan emas dan kain sutra.
  6. Potong kuku, pendekan kumis, sisir rambut, dan rapikan jenggot.
  7. Jangan membuat tatto, mencukur kumis dan merenggangkan gigi.
  8. Larangan menjulurkan pakaian.
  9. Jangan berhias diri dengan mengubah wujud asli, seperti mengeriting rambut, mencukur alis mata secara permanen.

Nah, itulah doa bercermin dan adab berias yang dapat saya sampaikan. Dengan mengikuti petunjuk bercermin dan merias diri seperti yang dianjurkan oleh Islam ini, semoga kita dapat memiliki penampilan yang baik serta ahlak yang mulia. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Bercermin ala Nabi Yusuf yang Sahih dan Artinya

0 komentar:

Post a Comment