Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

5 Doa Hujan : Bersyukur, Meminta, Menolak, ada Petir dan Setelah Hujan

Doa Hujan
Hujan adalah berkah yang diberikan Alloh untuk semua mahluk yang ada di dunia. Melalui air yang tertumpah dari langit itulah, kehidupan bisa terus berjalan. Tanaman bisa berfotosintesis, hewan dan manusia bisa mandi dan terhindar dari kekeringan dan kehausan.

Kita sebagai manusia yang berakal tentunya wajib bersyukur dan berdoa ketika hujan turun sebagai bentuk dzikir. Berikut ini, kami akan menyampaikan beberapa doa hujan, mulai dari doa ketika turun hujan, doa ketika hujan lebat, doa setelah turun hujan, doa meminta hujan, serta doa ketika mendengar petir saat hujan. Silakan disimak!

Doa Ketika Hujan

Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah RA., Nabi Muhammad ketika hujan turun, beliau akan selalu memohon kebaikan dari hujan yang Alloh turunkan dengan melafalkan doa ketika hujan yang bunyi bacaan sebagai berikut :

Doa Ketika Hujan
Latinnya :”Allahumma shoyyiban nafi’an”.

Artinya : “Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat”.
1. Doa untuk Orang Tua
2. Doa untuk Orang Sakit
3. Doa Sebelum Tidur

Doa Ketika Hujan Lebat (Agar Segera Surut)

Dalam hadist lain disebutkan bahwa Rosululloh SAW pernah memohon turun hujan. Seketika hujan yang diminta turun dengan begitu lebatnya hingga terlihat sangat menakutkan. Rosululloh kemudian membaca doa ketika hujan lebat, agar hujan tersebut segera surut dan cuaca dapat cerah kembali. Doa yang Rosululloh kala itu panjatkan memiliki bacaan sebagai berikut :

Doa Ketika Hujan Lebat (Agar Segera Surut)
Latinnya : “Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya : “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Doa Setelah Turun Hujan

Dari Zaid bin Kholid, Rosululloh suatu saat akan menunaikan sholat subuh bersama kami, setelah hujan turun di malam harinya. Ketika hendak mulai mengimami, beliau kemudian menghadap jama’ah shalat sembari berkata, : ”Apakah kalian tahu apa yang telah dikatakan Tuhan kalian?”. Kemudian para jama’ah mengatakan, : ”Allah dan Rasul-Nyalah yang lebih mengetahui hal itu”. Lalu Rosulullah bersabda:

“Pagi hari ini, di antara hamba-hamba-Ku, ada yang beriman pada-Ku, dan ada yang kafir. Barang siapa mengatakan : “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih” (artinya : “kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah”), maka merekalah yang beriman pada-Ku sehingga kufur pada bintang-bintang. Sedangkan barang siapa mengatakan : “Muthirna binnau kadza wa kadza” (Artinya : “kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini”), maka merekalah  yang kufur pada-Ku dan beriman pada bintang-bintang.”).

Dari hadist tersebut, tentunya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa setelah hujan turun, baiknya kita dapat membacakan doa berikut ini :

Doa Setelah Turun Hujan
Latinnya : “Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih”.

Artinya : “Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah”.

Doa Ketika Mendengar Petir

Ada kalanya saat hujan turun, petir menyambar-nyambar dengan suara gemuruh yang begitu dahsyatnya. Jika Anda mengalami hal ini, bacalah doan ketika mendengar petir seperti yang dicontohkan oleh Rosululloh. Lafal doa ini adalah sebagai berikut:

Doa Ketika Mendengar Petir
Latinnya : ”Subhanalladzi sabbahat lahu”.

Artinya : “Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya”.

Doa Mohon Segera Turun Hujan

Ada kalanya di suatu tempat hujan tidak turun dalam jangka waktu yang lama. Jika sudah begini, kemaraulah yang melanda. Tanaman kering, hewan dan manusia bisa mengalami kelaparan dan kehausan. Adapun salah satu yang bisa dilakukan jika mengalami hal ini selain dengan melakukan sholat minta hujan, kita juga dapat bermunajat pada Alloh Ta’ala untuk segera menurunkan hujannya melalui doa minta hujan yang lafalnya sebagai berikut:

Doa Mohon Segera Turun Hujan
Latinnya : “Allaahummasqinaa Ghaitsaa Mughiitsaa Marii'an Marii'an, Naafi'an Ghairp Dhoorrin, 'Aajilan Ghoira Aajilin.”

Artinya : “Ya Allah! Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda.”

Nah, itulah kumpulan doa hujan mulai dari doa ketika turun hujan, doa agar hujan surut, doa setelah turun hujan, doa minta hujan, dan doa ketika mendengar petir. Semoga dapat merangkum semua keperluan dan pengetahuan tentang khasanah doa saat hujan bagi kita semua. Semoga bermanfaat. Salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Doa Hujan : Bersyukur, Meminta, Menolak, ada Petir dan Setelah Hujan

0 komentar:

Post a Comment