Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

5 Doa Ibu untuk Anaknya yang Wajib Anda Hapal

Doa merupakan sebuah permintaan atau permohonan. Diijabah atau tidaknya sebuah doa salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah latar belakang dari orang yang memanjatkan doa tersebut. Doa ibu untuk anaknya menjadi satu di antara 3 doa mustajab, doa yang pasti diijabah oleh Alloh. Hal ini sesuai dengan Hadist Rosululloh riwayat Abu Daud : “Tiga doa mustajab yang tak diragukan lagi adalah doa orang tua untuk anaknya, doa orang bepergian (safar), dan doa orang-orang yang terdzholimi.”

Doa Ibu untuk Anak

Dari paragraf pembuka di atas, ada satu pertanyaan yang (saya yakin) pasti terbersit di hati pembaca sekalian : “Mengapa doa ibu untuk anak tergolong doa yang mustajab?”. Jika Anda seorang ibu yang telah merawat anak-anak Anda dengan penuh perhatian dan kasih sayang, Anda pasti tahu jawabannya.

Betapa sulitnya melahirkan, membesarkan, menyusui, dan merawat anak kita adalah perjalanan yang luar biasa. Alloh, Tuhan Semesta Alam Yang Maha Mengetahui pastilah mengerti bagaimana pengorbanan kita sebagai seorang ibu untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Doa-doa yang ibu panjatkan dengan penuh keikhlasan adalah sebuah keutamaan bagi-Nya yang harus didahulukan. Sehingga wajarlah jika kemudian doa ibu untuk anaknya menjadi bagian dari salah satu  doa yang paling mustajab.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas beberapa doa yang baik untuk dipanjatkan oleh seorang ibu demi kebaikan anak-anaknya, baik yang laki-laki ataupun perempuan. Alangkah lebih baiknya doa-doa berikut ini dapat dihafalkan dan dipanjatkan setiap habis sholat fardlu.

1. Doa meminta perlindungan untuk anak

Doa berikut ini adalah doa ibu untuk anak tercinta yang sedang di perantauan atau dalam perjalanan agar selalu terlindung dan terjaga kesehatannya. Bacalah selalu jika anak Anda sedang jauh dari pengawasan Anda agar ia terhindar dari segala bahaya.

Doa meminta perlindungan untuk anak
Latinnya : "Uidzukamaa bikalimaatillahitammati mingkulli syaitooni wahamati wamingkuli ainilamat"
Artinya : “Aku minta perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setiap godaan setan, binatang berbisa, dan bencana penyakit.

2. Doa ibu untuk anak yang sedang ujian

Jika anak sedang ujian, Anda turut bisa membantunya dengan doa ini agar ia sukses dalam ujian tersebut.

Doa ibu untuk anak yang sedang ujian
Latinnya : “Allohumma faqqohu piiddaini wa allamhutta’wiil.”
Artinya : Ya Allah, berilah kefahaman kepadanya dalam urusan agama dan ajarkannya Takwil (tafsir al-quran).

3. Doa ibu agar anak soleh dan solehah

Jika ingin anak Anda menjadi anak yang soleh (untuk laki-laki) dan solehah (untuk anak perempuan), selain dengan mendidiknya dengan teliti, Anda juga bisa melantunkan doa ini sebagai permohonan pada Sang Ilahi Robbi.

Doa ibu agar anak soleh dan solehah
Latinnya : “Rabbi-Ajal'ni muqiima salaati, wa min Dhurriyyati, rabbana wataqabbal Duaa"
Artinya : “Wahai Tuhanku! Jadikanlah daku orang yang mendirikan sembahyang dan demikianlah juga keturunanku. Wahai Tuhan kami, perkenankanlah doa permohonanku”.

4. Doa ibu untuk anak yang sedang sakit

Mengingat bahwa doa ibu untuk anaknya adalah salah satu doa yang mustajab, maka ketika buah hati Anda sedang sakit, berdoalah untuk kesembuhan ia dengan lafal sebagai berikut:

Doa ibu untuk anak yang sedang sakit
Latinnya : “Bismillaahilkabiiri Na’uuzu billaahil ‘A ziimi min syarri irqin, wa min Syarri harrin Naar”.
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Agung, kami berlindung dari sakitnya darah mengalir (luka) dan kami berlindung dari dari buruknya panas”.

5. Doa untuk anak agar menjadikan pribadi yang lebih baik

Semisal sebelumnya sangat nakal atau sulit dinasehati, Anda juga bisa membacakan doa ibu untuk anak berikut ini agar ia memiliki pribadi yang lebih baik:

Doa untuk anak agar menjadikan pribadi yang lebih baik
Latinnya : “Allohumma jannabnaasyaitoona wajannabissyaitoona maa rojaqtana”
Artinya : “Ya Allah, jauhkan godaan setan dari kami, dan jauhkanlah setan dari anak yang akan Kau anugerahkan pada kami”.

Nah, demikianlah beberapa doa ibu untuk anak-anaknya yang alangkah baiknya jika selalu dipanjatkan oleh kita semua para ibu. Semoga doa-doa tersebut dapat dengan mudah diingat dan bisa terus diaplikasikan sehingga termakbul apa yang menjadi keinginan kita terhadap anak-anak kita. Amin. Salam!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Doa Ibu untuk Anaknya yang Wajib Anda Hapal

0 komentar:

Post a Comment