Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa dalam Kesulitan Agar Segera Diberi Kemudahan

Doa dalam Kesulitan
Doa dalam Kesulitan - Kehidupan sering diibaratkan sebagai sebuah roda, di mana kesenangan dan kesulitan adalah 2 hal menyelimutinya. Kadang kita berada di atas dimana kesenangan menghampiri diri kita, tapi jika sudah tiba waktunya, kita akan terpuruk berada di bawah, mengalami sedemikian rupa kesulitan yang beragam asal-usulnya.

Saat berada di atas, mengalami berbagai kemudahan dan kebahagiaan, kita tentu harus bersyukur, karena bersyukur dapat membuat nikmat kian bertambah dan memupuk tingkat keimanan kita. Sedangkan saat kita berada di bawah, terpuruk karena keadaan dan mengalami kesulitan, alangkah baiknya kita bersabar dan tetap terus berusaha mencari jalan keluar sembari senantiasa berdoa, memanjatkan harapan dan keinginan kepada-Nya.

Doa dalam Kesulitan

Masalah kesulitan dalam hidup bukan hanya dialami oleh segelintir orang. Kekasih Alloh, Nabi Muhammad SAW sekalipun sering mengalami kesulitan dalam hidup dan berdakwah. Adapun berdasarkan hadist riwayat Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah, diketahui bahwa ketika menghadapi suatu kesulitan Rosululloh selalu mengucapkan doa dalam kesulitan berikut ini :

Doa dalam Kesulitan
Latinnya : “Laa Ilaha Illalloohul ‘Adzhimul Halim, Laa Ilaha Illalloohu Robbul ‘Arsyil ‘Azhim, Laa Ilaha Illallohu Robbus Samawati wa Robbul’ Ardhi wa Robbul ‘Arsyil Karim.”

Artinya : “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung lagi Lemah-Lembut, Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Tuhan Pemilik Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Tuhan pemilik langit dan bumi, dan pemilik Arsy yang mulia.”

Ibnu Abbas RA. mengatakan jika doa dalam kesulitan yang dipanjatkan oleh Rosululloh ini adalah sebuah doa yang sangat agung. Mengucapkannya selama diterpa kesulitan akan membuat ketenangan hati dan kesabaran.

Doa ini juga dianggap sebagai doa pembuka yang dapat memakbulkan permintaan-permintaan kita. Jika sedang didera kesulitan, panjatkan doa di atas dan sambung dengan doa yang menjadi keinginan Anda (dalam hal ini : terlepas dari kesulitan), maka insya Alloh doa Anda akan diijabah oleh-Nya. Amin.

Nah, itu saja mungkin pemaparan mengenai doa dalam kesulitan yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan membaca doa tersebut, senantiasa selalu berusaha dengan sebaik mungkin, kita semua dapat terlepas dari segala macam kesulitan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa dalam Kesulitan Agar Segera Diberi Kemudahan

0 komentar:

Post a Comment