Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat dan Artinya

Doa Menuntut Ilmu
Doa Menuntut Ilmu - Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi kita semua. Tak pandang usia, baik tua maupun muda, kita seharusnya tak pernah letih untuk terus menggali ilmu di dunia selama masa hidup kita, lebih-lebih yang terkait dengan ilmu agama. Nah, agar usaha kita dalam menuntut ilmu mendapatkan hasil yang maksimal, selain dengan berikhtiar dan belajar tak kenal lelah, ada baiknya kita juga memperbanyak ibadah dan berdoa pada Sang Pencipta agar dimudahkan segala urusan dan dalam mencapai tujuan kita. 

Doa Menuntut Ilmu

Tujuan utama dalam usaha menuntut ilmu yang kita lakukan tentu tak lain adalah agar ilmu yang kita dapatkan itu dapat berguna dan bermanfaat. Seperti salah satu hadist menyebutkan bahwa sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu dapat bermanfaat, maka tak ada salahnya jika kita memohon kepada Alloh SWT, memanjatkan doa pada-Nya agar dimudahkan dalam mencapai tujuan, sehingga ilmu yang nantinya kita dapatkan itu bisa bermanfaat baik untuk diri sendiri, maupun untuk orang lain. [Baca Juga : Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar dalam Islam ]

Adapun salah satu doa menuntut ilmu yang menurut saya memiliki arti yang sangat baik sehingga saya selalu membacanya sampai saat ini adalah doa yang lafal bacaannya sebagai berikut:

Doa Menuntut Ilmu
Latinnya : “Alloohumma Innii As-Aluka 'Ilman Naaafi'an, Wa 'Amalam Mutaqobbalaa', Wa Rizqona'waasi'an, Wa Ilal Khoiri Qorribna'a, Wa 'Anisy Syarri Ba'idnaa.”

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada Engkau, ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang buruk.”

Tips Menuntut Ilmu Menurut Islam

Selain rajin membaca doa menuntut ilmu, agar dapat tercapai semua tujuan dan harapan, kita juga harus melakukan ikhtiar dengan belajar tekun, serius, dan konsisten. Tips-tips berikut ini mungkin bisa membuat ikhtiar Anda bisa lebih baik.
  1. Berniatlah belajar karena Alloh agar hati tenang sehingga Anda memang ingin benar-benar keluar dari kebodohan.
  2. Hindari kemaksiatan yang menggelapkan hati.
  3. Tuntutlah ilmu dimana pun ia berada. Menurut Rosululloh ilmu itu sejatinya umpama barang yang hilang, dimana saja kamu menemukannya, maka ambillah.
  4. Banyak bertanya, berbincang, dan berdebat dalam hal yang positif untuk bertukar wawasan dengan orang lain.
  5. Beristiqomah dan bertemanlah dengan orang-orang alim.
  6. Sentiasa bersyukur atas ilmu telah dianugerahkan oleh Allah .
  7. Jauhi sifat bakhil karena sesungguhnya ilmu yang baik ialah untuk disebarkan.
  8. Berusaha untuk tidak tamak harta dan zuhud.
  9. Tentukan evaluasi atas target yang ingin dicapai.
  10. Hilangkan rasa bosan dalam belajar .

Nah, itulah beberapa tips menuntut ilmu menurut Islam dan doa menuntut ilmu yang dapat kami sampaikan. Semoga dengan menerapkan tips-tips tersebut, usaha kita untuk menuntut ilmu dapat dilancarkan, sehingga apa yang menjadi tujuan kita dapat terlaksana. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Menuntut Ilmu yang Bermanfaat dan Artinya

0 komentar:

Post a Comment