Kumpulan Doa untuk Orang Tua dan Orang Sakit, serta Panduan Bacaan Sholat Tahajud, Dhuha, Hajat, Taubat, dan Lainnya

Doa Bulan Rajab dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya

Doa Bulan Rajab
Doa Bulan Rajab - Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang dimuliakan dalam ajaran Islam. Di bulan ketujuh dalam penanggalan kalender Hijraiyah ini kita disunahkan melakukan beberapa amalan, seperti puasa, sholat serta ibadah lainnya. Selain itu, kita juga disunahkan untuk banyak berdzikir dan berdoa. Doa-doa pada bulan rajab adalah doa yang mustajab, sehingga sayang jika bulan tersebut kita acuhkan begitu saja tanpa amalan dan kebajikan. Nah, kali ini admin Blog Doa Sholat sengaja akan men-share kumpulan beberapa amalan dan doa yang disunahkan untuk dibaca pada bulan rajab. Apa saja amalan doa bulan rajab itu? Simak pemaparannya berikut ini!

Amalan Doa Bulan Rajab

Ada beberapa amalan doa yang disunahkan oleh Rosululloh untuk dibaca di bulan rajab. Amalan doa-doa tersebut antara lain membaca sholawat bulan rajab, wirid dan dzikir di bulan rajab, serta doa setelah sholat di bulan rajab.

1. Membaca Sholawat Bulan Rajab

Selama bulan rajab, kita disunahkan untuk banyak bersholawat. Sholawat dan doa di bulan rajab sangat baik dibaca dan diamalkan setiap hari. Berikut bacaan, aksara latin, beserta artinya untuk Anda hapalkan.

Doa Bulan Rajab dalam Bahasa Arab
Latinnya : “Alloohumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammadin Wa 'Alaa Aalihi Washohbihi Ajma'iina”.

Artinya : “Ya Tuhan, berkatilah Nabi Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya.”

2. Wirid dan Dzikir di Bulan Rajab

Selain sholawat, Rosululloh juga mengajarkan agar selama bulan rajab kita banyak berwirid dan berdzikir, baik itu setelah sholat fardlu maupun ketika melakukan sesuatu. Bacaan doa dzikir yang khusus dilafalkan pada bulan rajab terdiri dari 3 jenis yaitu, doa yang dibaca tanggal 1 hingga 10, tanggal 11 hingga 20, serta doa yang dibaca tanggal 21 hingga 30 rajab. Berikut ini ketiga doa tersebut :

Doa Bulan Rajab dalam Bahasa Arab Lengkap
Artinya :
Subhaanalloohu Hayyul Qoyyuum (Dibaca 100 Kali)
Subhaanalloohi Ahadish-Shomad (Dibaca 100 Kali)
Subhaanalloohu Rouuf (Dibaca 100 Kali)

Latinnya :
Maha Suci Alloh, Tuhan Yang Maha Berdiri Sendiri.
Maha Suci Alloh, Tuhan Yang Maha Diperlukan.
Maha Suci Alloh, Tuhan Yang Maha Penuh Kasih Sayang.

3. Doa Setelah Sholat di Bulan Rajab

Dalam bulan rajab, setelah sholat shubuh dan maghrib, kita juga dianjurkan untuk membaca doa bulan rajab sebanyak masing-masing 70 kali. Doa tersebut bunyinya sebagai berikut:

Doa Bulan Rajab dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya
Artinya: “Robbighfirlii Warhamnii Watub 'Alayya.”

Latinnya : “Ya Tuhan, Kasihanilah aku dan terima taubatku.”

Itulah beberapa doa Bulan Rajab yang bisa kami sampaikan di kesempatan ini. Semua dengan melakukan amalan-amalan di bulan rajab tersebut, kita bisa tergolong ke dalam orang-orang yang beruntung sehingga mendapat syafaat dari Rosululloh di hari akhir kelak. Amin.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Bulan Rajab dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya

0 komentar:

Post a Comment